Pendampingan Program Latihan Dan Gizi Atlet Klub Bolavoli Activa Dan Klub Philipos

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arif Fadli Muchlis
Muhamad Sazeli Rifki
Yogi Andria

Abstract

Masih rendahnya prestasi bolavoli menjadi masalah yang serius pada PBVSI Sumatera Barat. Gagalnya Tim bolavoli Sumbar mengikuti ajang PON di Jawa Barat 2016 menjadi bukti bahwa prestasi masih sangat rendah. Ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi pencapaian prestasi ini, yaitu kemampuan pelatih yang terbatas dalam perencanaan dan pembuatan program latihan yang minim, belum serius dalam pembibitan atlet yang disebabkan tidak adanya klub yang pembinaannya dimulai dari usia dini, melainkan sudah pada usia dewasa dan ketercukupan gizi atlet yang tergabung dalam klub.


Identifikasi dan Perumusan masalah sebagai berikut: 1). Belum adanya program latihan yang sesuai dan mudah diterapkan 2). Belum adanya perhatian yang baik dari pengurus PBVSI terhadap pembibitan atlet usia dini, 3). Belum diperhatikan faktor gizi atlet untuk kelangsungan peoses latihan. Khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah para pemilik klub bola voli, para atlet bolavoli, dan para pelatih yang ada di klub, khusus dalm hal ini diambil 2 klub perwakilan klub yang dinilai melakukan pembinaan yang berjenjang. Pada kegiatan Ipteks bagi masyarakat ini akan diadakan pendataan dari semua klub bolavoli, memberikan pelatihan dalam bentuk coaching dengan materi: penyusunan program latihan, pembuatan panduan gizi atlet bolavoli. Penyampaian materi dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi tentang materi yang dipelajarinya dengan melibatkan dosen FIK UNP yang sesuai dengan kepakarannya. Pelaksanaan kegiatan dasar diadakan pada pada tahun 2017 yang bertempat di 2 klub bolavoli di Tanah Datar dan Lima Puluh Kota. Dari kegiatan pengabdian ini diharapakn tumbuh dan berkembangnya pembinaan olahraga bolavoli di Sumatera Barat melalui klub dan adanya buku panduan gizi olahraga untuk atlet bolavoli.


Untuk mengatasi permasalahan dalam penanganan rendahnya prestasi bolavoli Sumbar maka diberikan solusi yaitu sebagai berikut: 1) Sosialisasi tentang manajemen kepengurusan dan organisasi, 2) Penyususan program latihan yang efektif dan efesien, 3) Meberikan pemahaman tentang pentingnya gizi bagi atlet bolavoli, 4) Membuat Kurikulum dan buku evaluasi Sekolah bolavoli. Adapun luaran yang diharapakan dari kegiatan ini adalah; 1) Produk: Program Latihan dan Panduan Gizi Olahraga atlet bolavoli, 2) Jasa: Terbentuknya klub yang memiliki  dasar manajemen kepengurusan, buku panduan dan metode pelatihan yang terencana, berjenjang dan berkelanjutan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arif Fadli Muchlis, Muhamad Sazeli Rifki, & Yogi Andria. (2021). Pendampingan Program Latihan Dan Gizi Atlet Klub Bolavoli Activa Dan Klub Philipos . JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT OLAHRAGA DAN KESEHATAN (JASO), 1(1), 34-43. https://doi.org/10.24036/jaso.v1i1.8