Perkumpulan Olahraga/Klub Bolavoli Tunas Dan Fkan Kuranji Di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hermanzoni
Muhamad Sazeli Rifki

Abstract

Masih rendahnya prestasi bolavoli menjadi masalah yang serius pada PBVSI Sumatera Barat. Gagalnya Tim bola voli Sumbar mengikuti ajang PON di Jawa Barat 2016 menjadi bukti bahwa prestasi masih sangat rendah. Ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi pencapaian prestasi ini, yaitu wadah organisasi yang belum berjalan sebagaimana mestinya, kemampuan pelatih yang terbatas dalam perencanaan dan pembuatan program latihan, belum seriusnya klub dalam pembibitan atlet, belum adanya kompetisi yang tetap dan belum ada kurikulum di klub.


Identifikasi dan Perumusan masalah sebagai berikut: 1). Belum adanya manajemen organisasi di klub 2). Belum adanya perhatian yang baik dari pengurus PBVSI terhadap kemampuan pelatih, 3). Belum diperhatikan kompetisi yang berjenjang sebagai proses pembinaan. Sasaran dari kegiatan ini adalah pemilik klub bola voli, para atlet bolavoli, dan para pelatih yang ada di klub, secara khusus diambil 2 klub perwakilan klub yang dinilai melakukan pembinaan yang berjenjang. Pada kegiatan ini akan diadakan pendataan dari semua klub bolavoli, memberikan pelatihan dalam bentuk coaching dengan materi: penyusunan manajemen organisasi, pembuatan panduan latihan bolavoli.


Untuk mengatasi permasalahan dalam penanganan rendahnya prestasi bolavoli Sumbar maka diberikan solusi yaitu sebagai berikut: 1) Sosialisasi tentang manajemen kepengurusan dan organisasi, 2) Penyususan program latihan yang efektif dan efesien, 3) Meberikan pemahaman tentang faktor lain penunjang atlet bolavoli, 4) Membuat Kurikulum dan buku evaluasi Sekolah bola voli. Adapun luaran yang diharapakan dari kegiatan ini adalah; 1) Produk: Manajemen Organisasi, Panduan Latihan atlet bolavoli, 2) Jasa: Terbentuknya klub yang memiliki  dasar manajemen kepengurusan, buku panduan dan metode pelatihan yang terencana, berjenjang dan berkelanjutan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hermanzoni, & Muhamad Sazeli Rifki. (2021). Perkumpulan Olahraga/Klub Bolavoli Tunas Dan Fkan Kuranji Di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT OLAHRAGA DAN KESEHATAN (JASO), 1(1), 11-20. https://doi.org/10.24036/jaso.v1i1.5