Aplikasi Pelatihan Gerak Dasar Fundamental Bagi Siswa Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Chaeroni
Hastria Effendi
Nuridin Widya Pranoto

Abstract

Dalam rangka mendukung pendidikan nasional, Sekolah Dasar (SD) merupakan suatu jenjang pendidikan yang paling penting keberadaannya. Sehingga peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Kedudukan SD dianggap sangat penting keberadaannya karena beberapa hal diantaranya adalah : (a) tanpa menyelesaikan pendidikan pada jenjang SD, secara formal seseorang tidak mungkin dapat mengikuti pendidikan di SMP; (b) melalui SD anak dibekali kemampuan dan keterampilan dasar agar mampu mengantisipasi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk keterampilan olahraga, serta keterampilan hidup lainnya (life skill); (c) Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan yang membekali atau dasar-dasar dan mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya.


Mengandalkan pembelajaran di sekolah tentu tidak akan maksimal, perlu pembekalan khusus bagi anak-anak agar dapat melakukan aktifitas fisik diluar sekolah. Maka perlu dilakukan pelatihan khusus bagi siswa agar mampu aktif mandiri dilingkungan. Apabila ini bisa direalisasikan tentu akan menambah keterampilan gerak dasar siswa.


Program yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan (training) indoor dan outdoor. Dalam rungan dalam bentuk penyampaian materi teori yang asyik dan menyenangkan dan dilanjutkan dengan praktek di lapangan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Chaeroni, A., Hastria Effendi, & Nuridin Widya Pranoto. (2022). Aplikasi Pelatihan Gerak Dasar Fundamental Bagi Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT OLAHRAGA DAN KESEHATAN (JASO), 2(1), 9-13. https://doi.org/10.24036/jaso.v2i1.10

Most read articles by the same author(s)