Pelatihan Pembuatan Program Outdoor Education Berbasis Experiental Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Motorik Anak

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yanuar Kiram
Andri Gemaini

Abstract

Motorik merupakan proses konsekuensi yang terjadi sepanjang hidup, yang dapat diartikan bahwa sepanjang makhluk hidup bernyawa pasti akan mengalami gerak,motorik terjadi akibat adanya  koordinasi antara organ-organ pada tubuh. Masa kecil adalah “saat ideal”untuk mempelajari kemampuan motorik. Hal ini dikarenakan organ tubuh anak masih mengalami pertumbuhan sehingga aktivitas gerak mudah diperbaiki dan diperhalus, anak belum memiliki banyak keterampilan sehingga mempermudah mempelajari keterampilan baru, pada masa kecil tingkat keberanian anak lebih tinggi sehingga menimbulkan motivasi yang tinggi untuk mencoba hal baru, anak kecil menyukai kegiatan pengulangan sehingga pola otot akan lebih terlatih, dan anak kecil memiliki waktu yang banyak untuk belajar melakukan keterampilan motorik.


Permasalahan mitra yaitu guru-guru PJOK Kota Padang yaitu dalam penyampaian proses pembelajaran motorik dengan program aktivitas bermain yaitu umumnya pembelajaran yang diberikan masih bersifat konvensional yaitu dengan menjelaskan isi buku, teks ataupun penjelasan secara langsung. Hal yang disampaikan ke anak sering tidak tersampaikan, sehingga menyebabkan tujuan pencapaian gerak tidak terlaksana. Solusinya antara lain: 1) Memberikan pengetahuan kepada guru-guru PJOK tentang pentingnya motorik dan metode-metode pengembangan motorik.2) Melakukan Pelatihan dan pendampingan penyusunan program Outdoor education pengembangan motorik melalui permainan, 3) memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam metode tes gerak dasar.


Luaran dari kegiatan ini adalah: 1) Peningkatan pengetahuan dan pemahaman kepada guru tentang pentingnya Motorik anak, dan akibat bagi anak jika kemampuan motorik  tidak dimiliki; 2) Peningkatan keterampilan dalam menyusun Program Outdoor Education dengan pendekatan experiental learning yang menarik bagi anak dan dapat membuat anak suka bergerak; 3) Produk dihasilkan Modul berisikan Program Outdoor Education dengan pendekatan experiental learning.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kiram, Y., & Andri Gemaini. (2022). Pelatihan Pembuatan Program Outdoor Education Berbasis Experiental Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Motorik Anak. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT OLAHRAGA DAN KESEHATAN (JASO), 2(1), 1-8. https://doi.org/10.24036/jaso.v2i1.9