Aplikasi GymApp Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Handstand di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Gusti Handayani

Abstract

Kegiatan ini bermaksud untuk menciptakan pengajaran senam yang bersifat media yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan handstand siswa dalam pendidikan senam. Proses pengembangan mengikuti model Plomp. Peserta penelitian adalah mahasiswa dari Departemen Kesehatan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan yang melakukan pendataan melalui berbagai metode, seperti tes, wawancara, kuesioner, dan observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Temuan tersebut menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran senam berbasis Android, berdasarkan penilaian materi, media, bahasa, dan alat evaluasi keterampilan handstand, termasuk dalam kategori validitas yang sangat tinggi. Kepraktisan media dinilai sangat praktis, dan efektivitasnya diklasifikasikan sebagai sangat efektif. Tingkat keterampilan handstand rata-rata di tiga sekolah skor untuk ketiga sekolah masing-masing adalah 83,65, 84,65, dan 73,45. Skor peningkatan rata-rata untuk setiap sekolah adalah 0,61, 0,65, dan 0,64. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran senam berbasis Android memenuhi persyaratan validitas, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan handstand siswa, diantisipasi akan memberikan referensi alternatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan senam dan disiplin akademik bidang terkait lainnya

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Handayani, S. G. (2025). Aplikasi GymApp Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Handstand di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT OLAHRAGA DAN KESEHATAN (JASO), 5(1), 53 - 69. https://doi.org/10.24036/jaso.v5i1.86