Pelatihan Pemanfaatan E-Learning, Media Audio Visual, dan Penggunaan Macromedia Flash Untuk Pembelajaran Inovatif

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hadi Pery Fajri
Sri Gusti Handayani
Nuridin Widya Pranoto

Abstract

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Dengan menggunakan sistem pembelajaran secara daring ini, muncul berbagai masalah yang dihadapi   oleh   siswa   dan   guru,   seperti   materi   pelajaran   yang   belum   selesai disampaikan oleh guru, dan diganti dengan tugas mandiri. Hal tersebut menjadi keluhan bagi siswa karena tugas yang diberikan oleh guru lebih banyak. Permasalahan lain dari adanya sistem pembelajaran secara online ini adalah akses informasi yang terkendala oleh sinyal, dan penerapan pembelajaran online juga membuat pendidik berpikir kembali mengenai model dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Salah satu mata pelajaran yang juga mendapatkan imbas dari wabah ini adalah mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Mata pelajaran PJOK adalah mata pelajaran yang menuntut dominan pada aktvitas fisik dan gerak dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini dikarenakan siswa dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan psikomotor dan kebugaran jasmaninya. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam pemanfaaatan e-learning, media audio visual dan penggunaan macro media flash untuk pembelajaran inovatif. Metode pelakasanaan pengabdian ini dengan melakukan pelatihan kepada guru PJOK di kabupaten kepulauan Mentawai. Hasil pengabdian ini diketahui terdapat peningkatan pengetahuan guru PJOK dalam pemanfaatan e-learning, media audio visual dan penggunaan macro media flash untuk pembelajaran inovatif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fajri, H. P., Handayani, S. G., & Widya Pranoto, N. (2023). Pelatihan Pemanfaatan E-Learning, Media Audio Visual, dan Penggunaan Macromedia Flash Untuk Pembelajaran Inovatif . JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT OLAHRAGA DAN KESEHATAN (JASO), 2(2), 64 - 69. https://doi.org/10.24036/jaso.v2i2.25