Strategi Pembelajaran Kolaboratif PJOK Siswa SMA Negeri 2 Muara Enim

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Susilo Nugroho
Renanto
Yudi Saputra
Marzuki

Abstract

Strategi pembelajaran kolaboratif  ini merupakan proses memilih dan menyusun kegiatan pembelajaran dalam suatu unit pembelajaran seperti urutan, sifat materi, ruang lingkup materi, metode dan media yang paling sesuai untuk mencapai kompetensi pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran kolaboratif yang tepat dapat memudahkan peserta didik dalam mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran. Peningkatan efektivitas pembelajaran dapat dilakukan dengan pemilihan strategi pembelajaran kolaboratif yang tepat. Memilih strategi pembelajaran kolaboratif hendaknya tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan berdasarkan pada kriteria atau standar tertentu, misalnya tujuan belajar, materi, karakteristik peserta didik, tenaga kependidikan, waktu, atau biaya. Di sisi lain, metode pembelajaran kompetitif lebih menekankan pada usaha individu untuk mencapai tujuan, yang mungkin tidak memaksimalkan interaksi sosial dan kolaborasi antara siswa. Oleh karena itu, penggunaan strategi kolaboratif dalam pembelajaran PJOK diduga lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan kemampuan kerjasama serta toleransi siswa terhadap pendapat orang lain. Subjek penelitian siswa kelas XII SMA Negeri 2 Muara Enim. Hasil pembelajaran kolaboratif membuat siswa terus merasa senang dalam memecahkan permasalahan karena dilaksanakan secara tim dan memberikan kesempatan berdiskusi dan mengenal lebih dalam karakter teman satu kelas. Rekomendasi untuk guru agar menerapkan tidak hanya pembelajaran pada olahraga tim tapi juga menjawab hasil belajar pada olahraga individu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nugroho, S., Renanto, Saputra, Y., & Marzuki. (2025). Strategi Pembelajaran Kolaboratif PJOK Siswa SMA Negeri 2 Muara Enim. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT OLAHRAGA DAN KESEHATAN (JASO), 5(1), 92 - 103. https://doi.org/10.24036/jaso.v5i1.76